Ketua LKKS Provinsi Sumbar Letak Batu Pertama Pembangunan Jamban Sehat

INDONESIASATU.CO.ID:

PASAMAN --- Ketua LKKS Provinsi Sumbar, Nevi Zuairina Irwan Prayitno bersyukur kegiatan pembangunan 100 jamban sehat untuk KK miskin di Nagari Ganggo Mudiak, Kecamatan Bonjol. Rabu (15/08/2018), Kegiatan itu, merupakan kerjasama LKKS, Baznas, PT Semen Padang.

"Selain itu juga bekerjasama dengan LKKS dan Baznas Pasaman. Untuk itu saya mengimbau, warga yang mampu untuk tunaikan zakat, infak dan shodaqoh lewat Baznas," katanya.  

Ia menyebutkan, bahwa keberadaan jamban disetiap rumah warga di Sumbar ini masih terbilang minim. Survei yang pernah dilakukan, dari 20 rumah, hanya 6 rumah saja yang punya jamban. 

"Selebihnya, sebanyak 14 rumah warga yang disurvei buang jambannya sembarang tempat. Ada yang di kali, sungai, laut dan hutan. Jelas, ini tidak sehat dan tidak sesuai pula dengan syariat agama Islam," ujar Nevi. 

Kegiatan pembangunan jamban sehat ini tersebar disembilan kabupaten/kota di Sumatera Barat. 9 Kegiatan, itu kata dia, akan terus ditingkatkan, termasuk jumlah penerima manfaat. 

"Untuk itu, saya meminta jamban ini harus digunakan dan dipelihara dengan baik. Para penerima manfaat jamban saya harapkan dapat mendirikan Posdaya sebagai forum komunikasi dan edukasi antar sesama warga," tukasnya.

Acara peletakan batu pertama ini turut dihadiri, Ketua Harian LKKS Sumbar, Parlagutan Nasution, Wakil Ketua LKKS Kabupaten Pasaman, Mira Delima Atos Pratama, Ketua Harian LKKS Pasaman, Maslan Nasution, Kepala Dinas Sosial Efka Emi, Ketua Baznas Pasaman, Syafrizal dan KK penerima manfaat. (Anto)

 

  • Whatsapp

Index Berita